Review Xiaomi Redmi 10A, Smartphone 1 Jutaan dengan Berbagai Keunggulan

Sedang mencari ponsel dengan harga murah meriah, namun tetap ingin yang kualitasnya bagus. Maka bisa mempertimbangkan Xiaomi Redmi 10A. Termasuk sebagai smartphone terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan tahun 2022 ini, ternyata peminatnya juga tak kalah banyak. Apalagi Xiaomi Redmi 10A ini sebenarnya juga dibandrol dengan harga begitu murah, yaitu 1 jutaan rupiah saja. Tak heran jika banyak yang meliriknya. Namun jangan buru-buru tergiur simak terlebih dahulu review Xiaomi Redmi 10A lengkapnya agar tidak menyesal.

Layar yang Luas Nyaman untuk Streaming

Review Xiaomi Redmi 10A yang pertama lihat dari segi ukuran layarnya, Xiaomi sendiri memang jarang mengeluarkan smartphone dengan ukuran layar kecil. Termasuk diantaranya untuk ponsel dengan harga 1 jutaan rupiah ini. Ia sudah dibekali dengan ukuran sebesar 6,53 inchi. Meskipun mungkin dari segi panelnya sendiri masih menggunakan IPS LCD, namun hal ini sebanding dengan harga yang kamu bayarkan.

Ukuran layarnya yang cukup luas tersebut tentunya tetap akan memberikan kenyamanan tersebut untuk bermain game, juga bagi yang hobby dalam streaming video. Karena akan terasa lebih lega untuk melihatnya. Smartphone yang satu ini nyatanya juga sudah mengusung resolusi yang cukup tinggi, yaitu HD+ 720 x 1600 pixels yang memiliki aspek rasio 20:9. Jadi dengan kerapatan pixelnya yang mencapai 269 ppi hal ini akan membuatnya lebih baik dari segi ketajaman.

Sedangkan jika seandainya dilihat dari segi refresh rate yang ada pada smartphone ini masih menggunakan nilai yang standar yaitu 60 Hz, jadi untuk transisi sendiri masih bisa dikatakan nyaman di mata. Sektor layarnya sendiri juga sudah bersertifikasi TUV Rheinland yang dapat meminimalisir keluarnya emisi biru yang kurang baik untuk mata. Jadi layarnya akan tetap nyaman untuk mata.

Pada tingkat kecerahan yang dimilikinya sendiri adalah 400 nit, membantu untuk menggunakan ponsel di siang hari secara lebih nyaman, termasuk juga jika seandainya ingin menggunakannya di bawah terik matahari, meskipun tidak sejelas itu, namun tetap terlihat. Apalagi mereka juga menghadirkan keberadaan sunlight mode sebagai bagian pendukung. Ditambah dengan adanya reading mode yang akan memberikan kenyamanan ketika membawa artikel atau berita.

Telah Memiliki Sensor Sidik Jari

Meskipun jika dilihat smartphone yang satu ini punya harga kisaran 1 jutaan rupiah saja, namun pada bagian pengamannya sendiri tidak tanggung-tanggung, karena ia sudah dilengkapi dengan adanya sensor pemindai sidik jari untuk keamanannya. Padahal jika dilihat dari seri sebelumnya yaitu Xiaomi Redmi 9A masih belum dilengkapi dengan adanya sensor tersebut.

Review Xiaomi Redmi 10A sensor fingerprint ini diletakkan pada bagian belakang, yaitu berdampingan dengan kamera. Karena penempatannya sendiri ada di bagian belakang, otomatis hal ini tidak akan mengganggu tampilan atau kenyamanan pemakainya bukan, apalagi juga langsung melebur dengan nodul kamera smartphone tersebut.

Selain keamanan yang sudah didukung oleh fingerprint scanner, pada dasarnya fitur pengaman lainnya juga sudah hadir di Xiaomi Redmi 10A ini, tak lain adalah face unlock. Jadi pengguna bisa pilih manakah yang paling nyaman digunakan untuk kebutuhan pengaman ponsel tersebut, sesuai dengan selera. Bisa menggunakan sensor sidik jari maupun juga dengan face unlock.

Baterai Berukuran Besar

Berbicara mengenai Review Xiaomi Redmi 10A tak lengkap rasanya jika tidak melihat kapasitas baterai yang dimilikinya. Pada dasarnya smartphone yang satu ini punya baterai berukuran besar yaitu 5000 mAh. Untuk ponsel yang harganya 1 jutaan, sudah pasti ukuran baterai yang disematkan ini sangat besar. Karena dengan kapasitas tersebut bisa membantu menunjang pemakaian harian secara lebih puas, tanpa harus berkali-kali charging, apalagi jika penggunaan kamu sebatas pemakaian ringan yaitu browsing atau komunikasi saja.

Sayangnya memang masih belum dilengkapi dengan fitur fast charging, tak masalah karena dengan harganya yang super murah, memang sudah selayaknya memberikan fitur yang sebanding juga. Karena dengan kapasitas baterai besar sebenarnya juga tidak butuh berkali-kali dilakukan charging.

Performa Memadai untuk Pemakaian Sehari-hari

Review Xiaomi Redmi 10A beralih pada jeroannya, smartphone ini telah ditenagai dengan Chipset MediaTek Helio G25, jadi untuk performa dalam bekerja juga tetap kencang. Apalagi Chipset yang satu ini sudah didukung dengan RAM berukuran 3GB, sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan multitasking juga pastinya, tanpa takut nantinya ponsel akan jadi lemot ketika digunakan.

Satu daya tarik yang lainnya adalah ponsel ini juga punya fitur ekspansi RAM, dimana ketika ukuran RAM yang kamu pilih masih kurang memadai dan butuh lebih, maka dapat diekspansi nantinya, total ekspansi yang diberikan adalah 1GB, sehingga kamu bisa menikmati dukungan RAM hingga 4 GB. Membuat kinerjanya pasti semakin nyaman bukan.

Tersedia Fitur Bluetooth Serta FM Radio

Kamu juga tetap bisa menikmati beberapa fitur yang disematkan ke dalam smartphone ini untuk menunjang hiburan, termasuk diantaranya yang suka mendengarkan radio juga ada FM Radio. Mereka juga tetap menyuguhkan layanan Bluetooth untuk kemudahan di dalam transfer file. Adanya Bluetooth ini sebenarnya juga termasuk kemajuan, karena untuk ponsel dengan harga sekelasnya, karena kebanyakan masih menggunakan port infrared

Kekurangan Xiaomi Redmi 10a

Sayangnya di balik berbagai keunggulan tersebut sebenarnya smartphone yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan, hal yang normal jika seandainya dilihat dari segi harganya yang memang murah, diantara kekurangannya adalah

  1. Belum adanya fitur fast charger, seperti yang sudah dijelaskan di atas, meskipun ukuran atau kapasitas baterai yang disematkan dalam smartphone ini besar, yaitu mencapai angka 5000 mAH, namun sayangnya belum ada fitur pengisian daya cepat, sehingga butuh waktu agak lama untuk charger.
  2. Layar belum Super AMOLED, sayangnya yang paling terlihat jelas membedakannya dengan ponsel berkualitas lain adalah panel layarnya yang masih IPS, belum didukung dengan Super AMOLED. Sehingga ketika digunakan memang tampak perbedaan yang jelas dari segi warnanya, kontrasnya tampak terlihat jelas.
  3. Belum didukung dengan USB Type-C, dengan harganya yang 1 jutaan rupiah, maka jangan berharap lebih untuk koneksi yang satu ini, karena memang ia belum didukung dengan koneksi dari USB Type C dan masih setia menggunakan port micro USB.

Harga Murah Meriah

Satu hal yang membuat smartphone ini laku keras di pasaran, adalah karena harganya murah hanya 1,4 juta rupiah kamu sudah bisa membawa pulang. Bahkan produknya sudah bisa dijumpai di pasaran saat ini, sehingga kian mudah jika seandainya ingin membelinya. Itulah review Xiaomi Redmi 10A lengkap mulai dari segi keunggulan sampai dengan kekurangannya. Di akhir tahun seperti sekarang ini ada banyak diskon yang ditawarkan untuk produk smartphone, karena tak jarang toko yang mengadakan cuci gudang, bisa jadi kesempatan terbaik jika ingin membeli produknya. Mudah bisa didapatkan secara langsung maupun juga online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *